Area Tambang Indocement Palimanan Miliki Sejarah Cagar Budaya Gua Dalem


Zona Jabar

Palimanan Cirebon – Cagar Budaya dan wisata Gua Dalem berada di area tambang Komplek Indocement, Gempol Palimanan, Kabupaten Cirebon. Wisata Gua Dalem bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan sekolah dan berakhir pekan.
Bahkan Gua Dalem tersebut memiliki spot instagramable dan panorama alam yang indah serta perbukitan yang menjadi foto selfie membuat daya tarik utama di lokasi Gua Dalem.

CSR indocement dan wartawan Toya Cirebon Online, bersama pengunjung wisata. Saat berada di Cagar Budaya dan wisata Gua Dalem berada di area tambang Komplek Indocement, Gempol Palimanan, Kabupaten Cirebon.
Selain itu, Gua Dalem yang terletak area tambang indocement di Palimanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Saat menuju ke lokasi harus menaiki seratus anak tangga untuk mencapai puncak hamparan yg indah dan mulut Goa Dalem. Lebih menariknya lagi, dari atas Goa wisatawan/pengunjung di sungguhkan panorama alam yang indah berupa spot instagramble stalait bebatuan. Sedangkan didalam Gua hanya digunakan, untuk keperluan bertapa ataupun bertirakat dan menenangkan diri.

Menurut cerita masa lalu Gua Dalem ini merupahkan situs petilasan Ki Gede Palimanan, bahkan hingga kini masih digunakan untuk bertapa yang konon jiwanya akan mendapatkan petunjuk atau wangsit untuk kebaikan. Kini Gua Dalem menjadi cagar budaya dan dikembangkan menjadi obyek wisata alam,yang didalamnya juga terdapat kekayaam hayati flora dan fauna.

Untuk sementara ini, obyek wisata baru Gua Dalem, pengunjung yang datang tidak di pungut biaya. Namun pengunjung hanya diwajibkan lapor kepada petugas keamanan/pengelola obyek wisata di kawasan pabrik semen Palimanan.

Pintu masuk Gua Dalem kini terkunci untuk keamanan dan keselamatan pengunjung hanya waktu waktu tertentu saja dibuka untuk memberikan sesaji. Ungkap kuncen.(Emonef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//stawhoph.com/afu.php?zoneid=3191096
Open chat
1
Mohon menunggu....
Kami akan segera membalas