Desa Cikulak Pertahankan Budaya Lokal

Foto : Kuwu Desa Cikulak, Yusnaedi

ZonaJabarOnline,- Dalam mengantisipasi budaya lokal yang makin tergerus oleh perkembangan budaya asing serta kemajuan tehnologi agar seni dan budaya jangan hilang seiring kemajuan zaman di era millenial.

Perangkat Desa Cikulak, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon bersama masyarakatnya menggelar pagelaran budaya lokal di Desanya.

Hal tersebut dibenarkan, Kuwu Desa Cikulak, Yusnaedi mengatakan berbagai langkah telah dilakukan dalam mempertahankan seni dan budaya lokal untuk regenerasi muda.

“Pagelaran ini, diharapkan rutin dilakukan untuk mencegah Budaya Cirebon Tan Ana Sirna yang artinya Budaya Cirebon Tidak Akan Pernah Punah,” ungkapnya.

Yusnaedi memaparkan, pagelaran ini masih tetap mengusung budaya lokal. Melalui  kirab budaya  tentunya akan lebih melestarikan dalam memajukan keberagaman kesenian yang ada.

“Kami meminta setiap kecamatan untuk bisa menampilkan sejumlah adat istiadat dan kearifan lokal masing-masing daerahnya,”ucapnya.

Dijelaskan Yusnaedi, pihaknya menyayangkan adanya potensi seni dan budaya lokal tersebut kurang perhatian dari pemerintah daerah  dalam hal ini Pemerintah Kabupaten melalui dinas terkait.

“Pelaksanaan pagelaran Seni budaya lokal Sebenarnya, penyusunan perencanaan yang  sudah dikonsep Oleh Disbudpora. Namun momentnya tidak tepat bahkan waktunya molor tidak sesuai yang dijadwalkan dalam undangan,” bebernya.(Z-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//luvaihoo.com/afu.php?zoneid=3191096
Open chat
1
Mohon menunggu....
Kami akan segera membalas