Kata Nenek Wina “Saya Belum Tersentuh Bantuan Desa dan Pemerintah

Zona Jabar

Karangwareng – Santernya berita nenek tua renta bernama Rondasih yang berusia 100 tahun dengan hidup sebatang kara, menetap di sebuah gudang milik Hj Eeng berukuran 1×2 m2. Mendapat  sorotan dari berbagai publik. Hal tersebut berdampak pada tetangganya Rondasih yang bernama nenek Wina, hidup sebatang kara berusia 74 tahun. Nenek Wina sebagai warga Desa Karang anyar dusun 2 RT 01 RW 02 Kecamatan Karang Wareng Kabupaten Cirebon.

Dikatakan Wina saat ditemui di rumahnya  yang berukuran 3×3 M2, Dengan terbata – bata menahan kesedihan dan belas kasih pemerintah. Sampai saat ini belum pernah saya menerima bantuan apapun dari pemerintah, bahkan yang lagi ramai bantuan PKHpun saya belum tersentuh bantuan itu. Baik program pemerintah pusat maupun program desa selama ini.

“Saya hidup sendiri tanpa ada anak dan suami pak, jadi untuk kebutuhan hidup sehari – hari, mengandalkan belas kasihan dari tetangga dan warga sekitar, mengenai bantuan pemerintah sama sekali belum dapat apa -apa.” ungkap nenek Wina. Jumat, (05/04/2019)

Sementara itu tetangganya bernama Kusnia menuturkan, selama ini pihak desa belum ada kepedulian pada nenek Wina, yang sebenarnya layak mendapatkan bantuan dari instansi pemerintah setempat seperti PKH, bukan malah sebaliknya yang sudah mampu dan hidup mapan mendapat bantuan PKH.

“Kami prihatin masih adanya warga yang tidak tersentuh dan didata desa setempat, adanya seorang nenek yang layak dapat batuan malah disia-siakan. Kami sebagai warga desa Karang Anyar meminta pada instansi desa dan terkait.  Tolong peduli pada nenek yang memerlukan bantuan, bukan orang yang masih kuat dan mapan dapat bantuan.” terangnya. 

Selain itu, padahal pemerintah dalam hal Ini Presiden Jokowi Widodo akan menaikkan anggaran PKH menjadi Rp32,65 triliun atau naik hampir 100% jika dibandingkan tahun 2018. Jadi Indeks bantuan sosial untuk Program Keluarga Harapan (PKH) dipastikan meningkat pada 2019.

Dan, pemerintah sendiri telah menetapkan indeks bantuan sosial yaitu bantuan Tetap PKH Reguler Rp. 550.000/ Keluarga/Tahun, bantuan tetap PKH Akses Rp. 1.000.000/ Keluarga/Tahun (KPM yang tinggal di daerah sulit dan terpencil), KPM yang memiliki Ibu hamil, mempunyai anak balita, tinggal dengan bersama lansia dan disabilitas Rp. 2.400.000,-/jiwa/Tahun.

Juga KPM yang memiliki anak usia sekolah SD Rp. 900.000/ Jiwa /Tahun, SMP Rp. 1.500.000/ Jiwa/Tahun dan SMA Rp. 2.000.000/Jiwa/Tahun. Setiap KPM PKH akan diberikan bantuan maksimal untuk 4 orang berdasarkan komponen kondisionalitas, dengan jumlah penerima tetap 10 juta KPM. (Z-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//whugesto.net/afu.php?zoneid=3191096
Open chat
1
Mohon menunggu....
Kami akan segera membalas