Pemda Kota Cirebon Lakukan Inovasi Program Sampah Menjadi Tabungan Emas.

Zona Jabar

Kota Cirebon – Pemerintah Kota Cirebon terus melakukan inovasi bersama masyarakat dan lembaga lain dalam mewujudkan Cirebon bersih, hijau dan tertib. Salah satu inovasi unggulan yakni program sampah menjadi tabungan emas.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati saat melaunching program Sampah menjadi tabungan emas (Clear and Gold) di RW Merbabu Asih Kelurahan Larangan Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Sabtu (30/3).

Eti mengatakan berbagai terobosan terus dilakukan antara lain kesiapan 18 RW menggulirkan program sampah jadi tabungan emas.

“Kami menyadari jika sampah sudah menjadi persoalan serius sehingga memerlukan penanganan semua pihak termasuk masyarakat. Bergulirnya program ini (sampah jadi tabungan emas red.) diharapkan berperan maksimal dalam penanganan sampah di Kota Cirebon,” ungkap Eti.

Eti menambahkan pihaknya mengapresiasi dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) terutama PT Pegadaian yang menggulirkan program tersebut.

Diharapkan dengan digulirkan program tersebut turut membantu Pemerintah Kota Cirebon dalam program kebersihan. Program inovatif di Merbabu Asih memilah sampah menjadi tabungan emas secara nyata akan menjadi solusi mengurangi sampah sekaligus sumber penghasilan masyarakat.

“Kita juga akan sedang mempersiapkan 32 TPS mobile yang diharapkan akan mengatasi persoalan sampah di Kota Cirebon. Hal ini bentuk percepatan pembangunan yang dilakukan termasuk dalam mempersiapkan pariwisata yang unggul,” kata Eti.

Hal senada diungkapkan Plh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Cirebon, Nana Rosdiana yang menyatakan program clear and gold yang digulirkan Pegadaian merupakan inovasi unggulan. Program ini dapat memberikan manfaat terutama membantu Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam mengatasi sampah.

“Program ini juga menjadi ajang sosialisasi Pegadaian dan OJK dalam meningkatkan akses keuangan hingga tingkat RW se Kota Cirebon,” ujar Nana.

Sementara Pimpinan Wilayah Pegadaian Cirebon, Mufri Yandi mengatakan program clear and gold merupakan langkah Pegadaian membantu Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam mewujudkan kota bersih. Ini implementasi Cirebon bersih dengan memilah sampah menjadi tabungan emas.

“Kami mengajak partisipasi masyarakat membantu program ini termasuk penggunaan bank sampah. Kami sudah menyediakan 18 bank sampah se Kota Cirebon,” ujar Mufri Yandi.

Ketua RW Merbabu Asih, Agus Supriono mengatakan masyarakat Merbabu Asih siap menyukseskan program clear and gold sebagai bentuk kesalehan terhadap lingkungan.

“Kegiatan ini bentuk kesalehan kita terhadap alam. Saya tentu mengajak kepada semua pihak terutama warga Merbabu Asih untuk menjaga lingkungan,” tandasnya. (Red/Dkis Yg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//partouba.com/afu.php?zoneid=3191096
Open chat
1
Mohon menunggu....
Kami akan segera membalas