Warga Desa Rawa Urip Menagih Janji BBWS Permanenkan Kali Cimanis

Zona Jabar

Pangenan – Sejumlah rumah warga di Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, di Dusun Kalibangka Kidul, Blok Kliwon, mengalami Urgen dengan kondisi dilapanganan benar-benar rawan yang mengancam materi dan korban jiwa. Sebab, satu meter lagi tanggul kali Cimanis jebol. Bahkan tebing sungai Cimanis jaraknya tinggal beberapa meter lagi dari rumah warga. Hal tersebut diungkapkan Kuwu Lukman Hakim Desa Rawa Urip. Rabu (10/04/2019).

kondisi kali Cimanis seperti ini, Kuwu Lukman Desa Rawa Urip dan masyarakat berharap, pihak BBWS segera bertindak untuk mengantisipasi agar tidak terjadi korban materi dan korban jiwa. 

Kuwu Lukman menuturkan,  padahal untuk tahun ini 2019 janji BBWS akan permanenkan Kali Cimanis. Namun dengan adanya kondisi seperti ini saya selaku Kuwu Rawa Urip dan masyarakat Desa Rawa Urip berharap,  pihak BBWS segera bertindak untuk mengantisipasi agar tidak terjadi korban materi dan korban jiwa. 

“Perasaan resah dan wasa was menghantui warga kami, terutama bagi tempat tinggal warga yang ada di sekitar jalur rawan dan urgen saat diprediksi akan tersapu arus sungai besar Cimanis. Apalagi ada rumah penduduk yang jaraknya tinggal satu meter dari tebing kali Cimanis, warga enggak tenang kalau masih dengan keaadaan seperti ini. Kami berharap Pemerintah terkait seperti BBWS yang  berjanji untuk mempermanen Kali Cimanis segera direalisasikan,” ujarnya kuwu Lukman pada Cirebon Online.

Kuwu Lukman menambahkan, upaya perbaikan memang sudah pernah dilakukan pemerintah namun sifatnya hanya penanganan sementara, yakni dengan memasang bilah-bilah bambu (crucuk) ditepi atau tebing sungai. Namun dengan penanganan seperti ini tidak kuat dan permanen untuk kali Cimanis. Selain itu, perbaikan oleh pemerintah (BBWS Cimanuk Cisanggarung) juga dilakukan. Akan tetapi, ya beginilah hasilnya, tidak kuat menahan abrasi. Pihak kami mengharapkan untuk kali Cimanis pembangunannya tanggul penahan tembok permanen agar lebih kuat. Dan pemerintah harus cepat ambil tindakan. ungkapnya.

” Dengan kondisi seperti ini, saya dan warga meminta ada penanganan segera dari instansi pemerintah dalam hal ini BBWS, jangan sampai menunggu terjadi longsor atau jatuh korban jiwa pada warga kami,” ujar Kuwu Lukman.

 Sementara itu, warga lainnya yang tinggal di bantaran sungai Simanis juga mengaku semakin khawatir, terlebih saat turun hujan dengan waktu yang cukup lama. “Disini kadang tidak hujan saja air bisa tiba-tiba naik mas. Apalagi saat hujan deras, pasti makin mengikis pinggiran sungai karena selain dalam, di sini kan sungainya pas tikungan jadi jelas akan terkena abarsi dari hari ke hari karena arus Kali Cimanis yang terus menggerus pinggiran tanah bantatan kali, Kami warga Rawa urip menungu janji BBWS tahun 2019 ini, janjinya akan mempermanen kali Cimanis desa Rawa Urip,” harapnya (Z-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//zuphaims.com/afu.php?zoneid=3191096
Open chat
1
Mohon menunggu....
Kami akan segera membalas